Ini 5 Tips Masak Rendang Anti Gagal dari Ahli Rendang

rendangdaging.com – Rendang jadi menu wajib saat Lebaran tiba. Ada tips mudah dari ahli rendang yang bisa ditiru agar masak rendang tidak gagal.

Selama sepuluh tahun terakhir Dian Anugrah yang akrab disapa Uda Dian melestarikan budaya kuliner Minang lewat kreasi rendangnya yang enak.

Ia sering memberikan cooking class seputar makanan Minang, tak ketinggalan ia terkenal dengan berbagai produk rendang buatannya yaitu Rendang Minang dan bumbu Maharajonya yang terkenal. Terakhir Uda Dian juga aktif menjadi pembicara kuliner seputar masakan Minang, dan sempat menjadi pembicara di TEDx tahun 2019 lalu.

“Rendang itu tak hanya sekedar makanan saja tapi juga mengajarkan kita beberapa makna seperti kesabaran dan ketabahan. Jadi masak rendang itu tidak boleh sembarangan dan tidak bisa dicurangi, semuanya harus berproses untuk menghasilkan hidangan rendang yang sempurna,” jelas Uda Dian ketika dihubungi detikFood (18/05).

Uda Dian membagikan beberapa tips mudah agar rendang tidak gagal. Mulai dari menghindari daging rendang yang keras, aroma rendang yang tak harum, hingga cara mengatasi agar rendang tidak lengket saat dimasak.

Selain bumbu, daging juga memegang peranan penting yang menentukan cita rasa sebuah rendang. Uda Dian memberikan beberapa tips agar daging rendang tidak keras.

“Biasanya ibu-ibu rumah tangga kalau buat rendang versi rumahan itu mereka ingin yang cepat. Kebanyakan daging rendang keras karena disebabkan proses masak yang terlalu cepat,” jelas Uda Dian.

Ia menyarankan untuk menggunakan daging sapi sirloin jika ingin proses masak rendang lebih cepat atau untuk rendang kalio saja. Tapi jika ingin membuat rendang versi komplet bisa menggunakan bagian daging paha atau betis sapi karena tekstur daging bagian ini cukup keras, dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengolahnya.

“Untuk menghasilkan rendang yang enak tentu saja harus menggunakan bahan berkualitas. Terutama penggunaan santan, hindari menggunakan santan instan. Karena santan instan itu bukan pure santan, tapi sudah ada campuran zat atau bahan tertentu agar rasanya mirip santan,” tutur Uda Dian yang terkenal handal memasak aneka hidangan Minang.

“Kalau ingin buat kalio dan menggunakan santan instan sebenarnya tidak masalah. Namun lebih baik menggunakan kelapa tua, karena santan kelapa tua itu mengandung minyak yang dibutuhkan saat memasak rendang,” jelasnya lebih lanjut.

Perbandingannya cukup mudah, satu kilogram daging setara dengan lima buah kelapa tua. Jika menggunakan santan dari kelapa tua akan menghasilkan rendang yang harum dan pengawet alami yang membuat rendang lebih tahan lama.

sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5019584/ini-5-tips-masak-rendang-anti-gagal-dari-ahli-rendang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *